Asics Gel Sonoma 3 First Impression and Review

Lari bukanlah kegiatan olahraga yang benar-benar saya sukai. Saya lebih memilih bersepeda, hiking, berenang, menyelam, memanjat pokoknya jangan lari namun istri saya memilih lari sebagai kegiatan olahraga di sela-sela waktu yang sempit atau istilah saya quick excersice. Mau tidak mau saya pun harus ikut menemani dia untuk berlari dan memaksa saya untuk mencari sepatu lari / running shoes. Untungnya saat ini kegiatan trail run atau berlari di alam bebas sudah mulai marak di negeri kita tercinta sehingga produk-produk sepatu trail run baik produksi dalam negeri dan luar negeri mulai membanjiri pasaran. Trail run sendiri merupakan pengembangan dari ultralight hiking  yang lebih ke arah kecepatan dan waktu yang lebih singkat untuk menjelajahi alam, gampangannya kegiatan berlari namun di alam bebas bukan di jalan beraspal. Sepatu trail run saya pilih karena selain masih bisa digunakan untuk kegiatan berlari jalanan aspal saya juga bisa menggunakan sepatu ini untuk melakukan hiking ringan dengan beban yang lebih enteng daripada harus menggunakan sepatu hiking mid.
Kembali ke pencarian sepatu trail run beberapa merk baik dalam negeri seperti Eiger Trail Pulse yang baru launching, Reebok Ridgerider, Adidas Terrex, sampai Brook Cascadia yang harganya naduzubillah sudah saya riset sebelumnya selain tanya sana sini, bertanya kepada teman yang lebih ahli akhirnya saya jatuhkan pilihan kepada Asics Gel Sonoma 3.

First Impression
Asics Gel Sonoma 3 ternyata memiliki bobot yang ringan sekitar 300gram an, cukup ringan bagi saya yang sebelumnya tidak pernah bersentuhan dengan sepatu trail run. Modelnya cukup konvensional tidak seperti Hoka One atau Salomon Trail Cross yang terlihat sangat modern dimana justru model konvensional ini sangat saya sukai.
Tali sepatu berbentuk bulat dan cukup pendek dimana awalnya saya berpikir bahwa model tali seperti ini akan sangat mudah untuk lepas. Beberapa fitur andalan dari sepatu ini adalah

  • SPEVAFOAM™ MIDSOLE MATERIAL
    Sebuah bahan yang meningkatkan karakteristik bounce back dan meningkatkan durabilitas bahan. Mungkin seperti terasa empuk ngeper namun tidak mengorbankan durabilitas sepatu.
  • REARFOOT GEL® TECHNOLOGY CUSHIONING SYSTEM
    Sistem silicon yang tertanam pada sole sepatu yang berfungsi sebagai bantalan sehingga meminimalisir rasa sakit pada kaki pengguna.
  • TRAIL SPECIFIC OUTSOLE
    Sole sepatu yang memang didesain untuk kegiatan alam bebas
  • Ortholite sockliner
    insole merk ortholite yang memberikan kenyamanan tambahan (terasa empuk sih)
Othorlite Shockliner

Awalnya saya memakai sepatu ini terasa sesak di punggung kaki namun untuk panjang kaki terasa pas, sempat terpikir membeli lagi dengan ukuran yang lebih besar sedikit namun niat itu saya urungkan karena takut panjang kaki terlalu berlebihan.

Review
Saya melakukan pengujian sepatu di dua medan yaitu aspal (turunan & tanjakan) dan di areal persawahan yang semalam diguyur hujan lebat seharian (tanjakan & turunan).

Medan Aspal
Pada medan aspal sepatu ini terasa sangat enak, enteng dan empuk banget. Hampir tidak ada permasalahan berarti untuk medan aspal baik di turunan, jalan datar, maupun tanjakan. Kekhawatiran saya tentang tali sepatu yang gampang lepas ternyata tidak terbukti.
Rasa sesak di punggung kaki ternyata tidak saya rasakan ketika berlari, mungkin butuh waktu untuk sepatu menyesuaikan kontur kaki . Secara umum saya cukup nyaman menggunakan sepatu ini di medan aspal.

Medan persawahan / trail running
Lahan persawahan yang saya lewati sangat becek dan licin khas tanah sawah yang gembur dan lengket seperti tanah liat. Pada saat berlari di tanjakan yang cukup curam seperti perkiraan, sole sepatu cukup kewalahan dengan licinnya tanah sawah untungnya sepatu ini masih bisa memilliki grip di tanah namun kita harus segera berpindah  / segera berlari sebelum benar-benar terpeleset. Untuk berlari di tanah yang datar rasa licin tetap menghantui sedangkan untuk turunan benar-benar ujian sesungguhnya. Tanah yang sangat licin memaksa saya untuk meloncat dari satu tempat ke tempat yang lainnya, ketika kaki menginjak tanah sudah terasa grip sepatu yang kedodoran menghadapi licinnya tanah. Beruntung sepatu ini enak diajak manuver sehingga bisa membantu saya mencari pijakan kaki. Acara menuruni tanah ini pun berjalan dengan kecepatan tinggi karena sedikit saja sepatu terlalu lama kontak dengan tanah maka hampir pasti saya kepeleset.

Kesimpulan
Asics Gel Sonoma 3 merupakan sepatu trail running yang sangat cocok untuk pemula trail running seperti saya. Desain Toe Box yang lebar membuat hampir semua tipe kaki bisa menggunakan sepatu ini. Salah satu yang agak menganggu mungkin area punggung kaki yang (awalnya) terasa sempit. Untuk daily running dan mengikuti kompetisi trail running kelas hobbies saya pikir cukup pas karena desain sole yang empuk dengan grip yang baik membuat sepatu ini fun to run namun untuk kompetisi yang serius saya tidak yakin sepenuhnya karena jika terlalu empuk akan terkompensasi dengan speed.

Keunggulan

  1. Sepatu yang cukup ringan.
  2. Perpaduan Shickliner othorlite, SpevaFoam, dan GelCushion membuat sepatu ini terasa empuk dan nyaman untuk kebutuhan lari sehari-hari.
  3. Harga cukup terjangkau (Saat ini banyak diskon sehingga harganya menjadi 600-800ribu an).
  4. Model yang cukup konvensional (Selera kalo ini).

Kekurangan

  1. Untuk tanah yang benar-benar licin sepatu ini tidak direkomendasikan.
  2. Beberapa orang merasa daerah punggung kaki terasa sesak.

Tips and Trick :
Sepatu ini memiliki skala nomor sedikit lebih kecil sebagai pengalaman saya yang sehari-hari menggunakan sepatu ukuran 43 ketika menggunakan sepatu ini menggunakan nomor 44 / 44,5 (Insole 28cm / 28,5cm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s